Tidak Ziarah, Nilai Spiritual Turun ?

Sudah dua kali mendengar kata-kata itu. Mau menyangkal secara langsung, takutnya malah jadi debat kusir dan bikin cape.

Nilai spiritual itu tidak dapat dinilai dari satu sisi saja, bahkan kita sebagai manusia juga tidak patut memberikan nilai tersebut. Kenapa tidak patut ? Karena yang namanya amal ibadah itu hanya ALLAH SWT yang berhak menilai. Lagian tidak hanya ziarah saja yang menjadi salah satu faktor penilai kualitas ibadah seseorang.

Intinya jika kita sudah melakukan apa yang jadi perintah-NYA dan menjauhi larangan-NYA barulah bisa dikatakan kualitas ibadahnya baik dimata manusia, tapi entahlah di mata ALLAH seperti.

“Man ‘Arofa Nafsahu faqod ‘Arofa Rabbahu”, yang artinya siapa yang mengenal dirinya, maka akan mengenal Tuhannya. Jadi sebelum menjudge kualitas nilai spiritual seseorang lebih baik pahami diri ayat tersebut.

Saya hanya berusaha menjalankan apa yang jadi perintah-NYA dan menjauhi larangan-NYA. Saya selalu berpikir matang – matang dan melihat keuntungan serta kerugiannya. Setelah diitung ternyata banyak ruginya untuk diri saya.

Bahan Bakar Motor, kebetulan saya sedang tidak punya dan BBM harganya baru naik menjadi Rp 6.500/liter. Apakah saya harus mengemis kepada orang tua saya untuk mengisi BBM ?? Katanya kerja, tapi masih minta uang nak. Be smart ok ???

Jenis Motor. Seandainya tahu betapa berat harus mengisi BBM untuk motor Byson. You know what ? saya setiap minggunya mengeluarkan uang sebesar Rp 25.000 – 40.000 hanya untuk mengisi motor saja.

Pikiran. Entah kenapa saat ini pikiran saya sedang tidak karuan. Mungkin penyebabnya blog ke sandbox + penguin 2.0. Tahukah betap sakitnya saat blog terkena efek itu ? Saya harus memutar otak dan mengorbankan waktu istirahat saya demi mengembalikan penghasilan saya.

“I had a dream, and I must realize that dream into reality”

Leave a Reply

